Konsultasikan rencanamu menuju Baitullah.
Sistem Customer Service ini terhubung ke aplikasi Whatsapp.

Mari Pelajari Lebih Dalam Terkait Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat

Beranda Aqiqah Mari Pelajari Lebih Dalam Terkait Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat

Islam merupakan agama yang lengkap, segala sesuatu telah dijelaskan sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya. Bahkan dalam menyambut datangnya buah hati Islam mengajarkan kita untuk bersyukur dengan cara berbagi terhadap sesama. Salah satu cara bersyukur menyambut datangnya buah hati adalah menyelenggarakan aqiqah untuk anaknya. Aqiqah disyariatkan sebagai wujud syukur kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Hal ini dilakukan pula untuk mengharapkan keselamatan dan berkah pada anak yang baru lahir. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi teladan dengan menjalankan ibadah aqiqah bagi cucunya, Hasan dan Husain.

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum aqiqah. Sebagian ada yang mewajibkannya namun mayoritas ulama menganggap hukum aqiqah adalah sunah. Sebagaimana tersirat dalam hadits berikut ini:

Dari Samurah bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah no. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

Waktu Penyembelihan Kambing Aqiqah

Waktu pelaksanaan aqiqah disunahkan pada hari ke tujuh. Bagaimana jika penyelenggaraan aqiqah tidak bisa dilaksanakan pada hari ke tujuh? Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat. Para ulama Hanafiyah dan Malikiyah menyebutkan waktu aqiqah adalah pada hari ketujuh dan tidak boleh sebelumnya. Ulama Malikiyah membatasi bahwa aqiqah sudah gugur setelah hari ketujuh setelah kelahiran. Sedangkan ulama Syafi’iyah membolehkan pelaksanaan aqiqah sebelum usia baligh. Sedangkan ulama Hambali berpendapat bahwa jika aqiqah tidak dilaksanakan pada hari ketujuh, maka disunnahkan dilaksanakan pada hari keempatbelas, atau keduapuluh satu.

 

Jumlah Kambing Aqiqah

Tak hanya tentang waktu pelaksanaannya, orang tua pun harus memahami jumlah kambing aqiqah agar dapat mempersiapkannya. Adapun ketentuan jumlah kambing aqiqah sebagaimana yang kini banyak diketahui masyarakat umum untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki aqiqah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.”

(HR. Tirmidzi no. 1513. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

Syarat Kambing Aqiqah Agar Tepat Memilih

syarat kambing aqiqah
Sumber foto: pusatjualhewankurban.wordpress.com

Setelah mengetahui waktu pelaksanaan dan jumlah kambing aqiqah yang harus dipersiapkan, selanjutnya harus teliti memilih kambing yang sesuai dengan syarat kambing aqiqah yang dianjurkan. Berikut ulasannya:

  1. Hewan aqiqah boleh jantan atau betina, namun yang lebih afdhol kambing jantan.
  2. Akan lebih baik jika memilih hewan aqiqah yang berwarna putih sebagaimana ketentuan dalam hewan qurban.
  3. Pilih kambing aqiqah yang gemuk, yang besar dan yang paling bagus.
  4. Jika yang disembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki, maka dua kambing tersebut hendaklah semisal di antaranya sama dari segi umur.
  5. Umur kambing untuk aqiqah telah sampai usia yang dituntut syari’at berupa Ats-Tsaniy dari kambing yaitu telah sempurna berusia setahun.
  6. Bebas dari aib (cacat) yakni tidak buta sebelah, tidak sakit yang jelas, kakinya tidak pincang dan tidak kurus.
  7. Tidak berkaitan dengan hak orang lain ( bukan hewan gadai ataupun hewan warisan sebelum warisannya di bagi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kambing aqiqah dan syaratnya yang harus diperhatikan. Sebagai hamba yang berusaha menjalankan syari’at maka sudah sepatutnya kita menambah pengetahuan tentang ibadah yang akan dilakukan agar lebih sempurna. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi orang tua yang akan melaksanakan aqiqah untuk buah hatinya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Mari Pelajari Lebih Dalam Terkait Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat

Islam merupakan agama yang lengkap, segala sesuatu telah dijelaskan sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya. Bahkan dalam menyambut datangnya buah hati Islam mengajarkan kita untuk bersyukur...

Wuquf Sebagai Inti Ibadah Haji, Mari Simak Penjelasannya!

Wuquf dilaksanakan sejak tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Cara pelaksanaan wuquf yaitu dengan berdiam diri...

Latest Posts

Mari Pelajari Lebih Dalam Terkait Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat

Islam merupakan agama yang lengkap, segala sesuatu telah dijelaskan sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya. Bahkan dalam menyambut datangnya buah hati Islam mengajarkan kita untuk bersyukur...

Wuquf Sebagai Inti Ibadah Haji, Mari Simak Penjelasannya!

Wuquf dilaksanakan sejak tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Cara pelaksanaan wuquf yaitu dengan berdiam diri...

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Haji Dan Umroh Agar Tepat Dalam Pelaksanaannya

Siapa yang tidak mengenal ibadah haji dan umroh? Tentu kita sebagai kaum muslimin mengetahuinya. Dua ibadah ini merupakan impian semua umat Islam. Untuk melaksanakannya...

Apakah Itu Thawaf Qudum? Pahami Dan Pelajari Dengan Baik

Bagi para sahabat yang ingin menjalankan ibadah haji, ada baiknya untuk menambah bekal pengetahuan sebelum bertamu ke rumah Allah. Salah satu rangkaian ibadah yang...

# Type at least 1 character to search # Hit enter to search or ESC to close